TRAINING SANITATION SERIES 1 2024 HIMPUNAN MAHASISAWA PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA SANITASI DAN SARJANA TERAPAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN TEMA “Explore you mind, improve your skills, and be a good speaker”



26 Mar 2024




Serangkaian kegiatan Training Sanitation Series 1 2024 dengan tema “Explore you mind, improve your skills, and be a good speaker” dilaksanakan secara hybrid bertempat di Ruang Grha Literasi Husada (Perpustakaan Lt.4) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jalan Tata Bumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293. Serta dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting Room. Kegiatan Training Sanitation Series 1 dilaksanakan pada hari Sabtu Kliwon, 9 Maret 2024.

Pelaksanaan kegiatan Training Sanitation Series 1 berjalan sesuai dengan rundown acara yang sudah disusun yaitu diawali dengan berkumpulnya panitia untuk briefing pada pukul 06.00 WIB kemudian panitia memastikan kembali peralatan dan media yang akan digunakan, pada pukul 08.00 WIB peserta yang hadir secara luring yaitu tingkat 1 Jurusan Kesehatan Lingkungan mulai berdatangan dan mengisi daftar registrasi, serta untuk peserta yang hadir secara daring juga dipersilahkan untuk bergabung pada Zoom Meeting Room.

Dikarenakan cuaca sedang hujan, banyak peserta yang hadir terlambat hingga menyebabkan acara mulai lebih lambat 30 menit dari rundown yang sudah disusun. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dibuka oleh Nadia Usnida selaku MC. Selanjutnya peserta daring dimintai untuk mengisi presensi awal melalui link google form yang sudah dibagikan oleh panitia. Acara selanjutnya pembacaan visi misi oleh Wildan Ulinnazra dan pembacaan doa oleh Romeo Annur Putra, dilanjutkan laporan ketua acara oleh Cantika Faradysa serta sambutan yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting Room mewakili Bapak Dr. Iswanto S.Pd, M.Kes, selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang berhalangan hadir oleh Ibu Dr. Umi Istianah, S.Kep.Ns., M.Kep.Sp.MB, selaku Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Adapun jajaran pengelola Direktorat dan pengelola Jurusan Kesehatan Lingkungan turut serta hadir secara luring maupun daring dalam kegiatan Training Sanitation Series 1 yaitu Ibu Naris Dyah Prasetyawati, SST, M.Si selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan dan Ibu Sri Haryanti, SST. M.Si selaku Penanggung Jawab Kemahasiswaan Jurusan Kesehatan Lingkungan yang hadir secara luring, serta Bapak Dr. Agus Wijanarka, S.Si.T., M.Kes, selaku Wakil Direktur 2, Dr. Bambang Suwerda, SST. MSi, selaku Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan, Rizki Amalia, SKM, M.Kes selaku Sekretaris Jurusan Kesehatan Lingkungan, Sarifah Sya’diyah, S.Tr.Kl selaku Penanggung Jawab Administrasi Program Studi Diploma III Sanitasi, Tri Mulyaningsih,  ST, MPH selaku Penanggung Jawab Mutu Jurusan Kesehatan Lingkungan, H. Sardjito Eko Windarso, SKM M.P, selaku dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan yang hadir secara daring. Acara ini juga dihadiri oleh delegasi Badan Legislatif Mahasiswa yaitu Nazma Syifa Nabilla dan Hana Putri, delegasi Badan Eksekutif Mahasiswa yaitu Amanda Meila yang hadir secara daring, delegasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan yaitu Tia Rizki Handayani, serta penjagaan selama kegiatan Training Sanitation Series 1 oleh UKM KSR yaitu Khoirun Nisa dan Suhita Panji Pertiwi.

Sebelum acara inti dimulai, panitia menyelenggarakan pre-test untuk para peserta melalui quizizz yang sudah dibagikan oleh panitia. Acara selanjutnya pembacaan CV Moderator yaitu Radita Sukeswari oleh MC dilanjutkan dengan pembacaan CV Narasumber oleh moderator. Selanjutnya masuk ke acara inti yaitu pemaparan materi terkait Public Speaking in English oleh Narasumber yaitu Tulus Anggawijaya selama 1 jam. Setelah pemaparan materi selesai dibuka sesi tanya jawab oleh Moderator yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan notulensi. Acara selanjutnya yaitu post-test melalui quizizz yang sudah dibagikan oleh panitia.

Sebelum menutup acara MC menjelaskan Panduan Penugasan untuk persyaratan mendapat SKKM yaitu membuat video podcast sederhana berkelompok dalam bahasa Inggris. Acara yang terakhir yaitu penutupan dan pengisian evaluasi oleh peserta melalui google form pada pukul 11.50 WIB, lalu diakhiri dengan dokumentasi. Dengan diadakannya kegiatan Training Sanitation Series 1 diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan mahasiswa mengenai public speaking. Selain itu, dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa percaya diri Mahasiswa dan Masyarakat di Indonesia terkhususnya Mahasiswa dan Civitas Academica Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam melakukan Public Speaking in English dengan baik dan benar.